Muhammad Teladanku

Review Buku: Muhammad Teladanku (MUTE)

16.00.00

Haaiiiiiiii......

Ini tulisan pertama saya tentang review buku. So, kalau dirasa reviewnya ada yang kurang boleh dikomen di bawah. Biar review selanjutnya bisa lebih baik lagi.


Kali ini mau review paket buku Muhammad Teladanku atau lebih dikenal MuTe.

MuTe ini dibuat oleh tim Sygma dan ditulis sama Eka Wardhana, tapi didistribusikannya sama Syamiil. Harga paketan buku ini sekitar 3jutaan. Ok tenang, harganya pasti bikin kaget ya. Hahaha. Saya aja kaget waktu pertama tau harganya :))

Fyi, sekarang semua buku anak memang mahaaaaal. Kusedih T_T

MuTe ini tuh harganya bisa sampe jutaan karena dia kan paket buku gitu. Isinya ada 16 buku tentang Muhammad ditambah 2 buku pelengkap. Terus dapet banyak bonus juga. Bonus papan ular tangga, CD interaktif, ada tambahan 5 buku buat balita, dan ada 3 poster tentang Muhammad-nya juga.

Lumayan banyak isinya. Ngga heran harga jualnya juga ya segitu. Ditambah pula packagingnya bagus. Dia hardcover, terus bahan kertasnya ga gampang sobek dan anti air.

Ke-16 seri buku ini nyeritain perjalanan Nabi Muhammad dari mulai lahir sampai wafat. Masing-masing buku mewakili satu segmen kehidupan. Kaya misalnya buku pertama tentang kelahiran Muhammad, buku kedua tentang masa kecil Muhammad, begitu seterusnya. Enak sih, runtun.

Btw, di halaman depannya ada semacam surat rekomendasi dari MUI gitu. Menyatakan bahwa buku ini layak dijadikan bahan ajar di SD atau MI. Saya belum pernah sih punya buku yang ada tulisan MUInya kaya begini. Ada lagi buku lain yang direkomendasiin MUI?

Menurut saya, buku ini ngga begitu cocok buat balita. Kecuali bonus yang 5 buku balita itu ya. Buku ini literaly buku cerita. Lebih banyak kata-katanya dibanding gambarnya. Bukan kaya buku balita yang lebih banyak gambarnya dan cuma ada beberapa halaman. Halaman di setiap buku ini sekitar 70an halaman.

Buat saya, ngebiasain anak suka baca ya dengan buku-buku yang tipe gini. Bukunya tetap bergambar biar menarik, tapi kalimat yang dibacanya juga harus lumayan banyak. Kan biar ada yang dibaca atuh.

Gaya bahasa yang digunakan MuTe sederhana dan penuturannya dibuat simple biar lebih masuk ke anak usia SD. Walaupun simple, tapi buat saya yang dewasa, baca ini enak juga daripada baca siroh nabi yang setebel kamus :p

Ilustrasi gambar di setiap halamannya juga menarik. Tidak menampilkan sosok Muhammad dan sahabat-sahabatnya (karena memang dilarang menggambarkan sosok nabi), tapi tetep seolah si gambarnya bercerita.

Saya pengen Sekar tau tentang Rasulnya sedari dini. Buku ini cocok buat Sekar tau tentang Rasulnya. Kalau boleh saya bilang, ini tuh siroh nabi versi anak-anak lah. Lengkap dan mudah dicerna. Dibuat kaya cerita, jadi anak-anak bakalan suka.

Tapi karena Sekar belum bisa baca, saya baca dulu satu buku sampe habis, baru (seolah) dibaca lagi bareng sama Sekar. Saya tunjuk-tunjuk tuh si gambar di setiap halamannya sambil saya nyeritain ceritanya. Sekar seneng kalau saya ceritain sambil liat gambarnya. Soalnya gambarnya berwarna banget, jadi dia suka.

Ada lagi yang mau ditanya tentang buku ini? Reviewnya udah cukup?

Kalau ada yang tertarik pengen tau lebih lanjut, boleh message saya. Wajib punya sih di rumah. Eh kecuali kalau kalian sukanya baca siroh nayang lengkap kek kamus itu lebih bagus sih tapi ya ga cocok buat anak-anak. Jadi anak kamu mah beliin paket buku ini aja. Biar dia tertarik baca dan menjadikan Muhammad idola utama :)

Saya unboxing paket buku ini di youtube channel saya. Ditonton coba.


You Might Also Like

4 komentar

  1. Salah satu list buku untuk anak-anakku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bagus Teh bukunya. Ayo diorder :D

      Hapus
  2. Mudah - mudahan soon saya bisa beli buku ini, aamiin

    BalasHapus