AkuDanKamuBercerita

Curhat: 1st Day Off

00.46.00


Yes! Hari ini hari pertama cuti melahirkan. HPL masih 2 minggu lagi dari perkiraan dokter, dan 1 minggu lagi dari perkiraan bidan. Kenapa beda? Soalnya dokter pakenya acuan USG, kalau bidan pakenya acuan mens terakhir. Tapi ya ga beda jauh sih.

Di hari pertama cuti ini, udah bikin rencana mau ngapain aja biar ga bosen dan geje. Tapi semua rencana buyarrrrrrrr.....karena......CEMAS!

Sabtu kemaren jadwal kontrol ke dr.Risa. Karena udah masuk week 38, jadinya ditanya udah kontraksi belum, udah mules belum, ada keluhan apa. Kebetulan pas Hari Rabu kemarennya, bangun tidur tuh ada yang ngucur gitu dari vagina. Khawatir ketuban rembes, jadinya chat Teh Okke lah.

Btw, bahas rencana melahirkan di Bumi Ambunya di postingan lain yah.

Terus dijawab sama Teh Okke disuruh cek ke Bumi Ambu. Pas di cek lakmus, kesimpulannya sih cairan tadi bukan cairan ketuban. Lapor lah sama dr.Risa kalau tadi pagi bla bla bla dan udah cek ke Bidan Okke hasilnya bla bla bla.

Sabtunya, pas kontrol ke dr.Risa di evaluasi tuh. USG hasilnya ketuban bagus, plasenta bagus, ngga ada lilitan, cek detak jantung ade bayi juga bagus. Alhamdulillah.

Karena belum ada kontraksi apa2, dr.Risa nyaranin buat ngerangsang mules, sekalian liat kondisi mulut rahim, dan luas panggul.

Yes! Caranya ya VT, Vaginal Touch. Dokter masukin 1 atau 2 jarinya ke vagina kita, terus diraba-raba di dalem. Atau bahasa saya mah diobok-obok vaginanya. Rasanya gimana? SAKIT! Duh. Maaf gengs, aku gak mau boong sih anaknya jadi gimana ya ngga bisa ngesugestiin positif ke kalian, tapi ya rasanya emang sakit :(

Tapi yah, waktu VT sama Teh Okke di Bumi Ambu, ya ampuun ga berasa lagi dimasukin jari. Padahal sama Teh Okke dimasukin 2 jari, sama dr.Risa mah cuma telunjuk aja 1. Tapi sama dr.Risa yaampun sakitnya.

Mungkin waktu sama Teh Okke, dicoloknya pelan-pelan. Kalau saya bilang sakit, beliau berenti, terus ngajak ngobrol, seuseurian heula. Jadi sayanya rileks, otot-otot vaginanya lebih lentur kali yah.

Waktu sama dr.Risa, ya namanya juga dokter lagi praktek, dikejar pasien lain juga kali yah. Terus sayanya tegang karena takut, tapi dokternya maksa jadi sakit. Beda sih emang, waktu mau VT itu dr.Risa langsung masukin jarinya slep slep slep. Ngga pake pelan-pelan atau dihayati kaya Teh Okke. Saya jerit-jerit sakit juga, dijawabnya cuma 'coba tarik napas'. Saya masih jerit-jerit, dokternya cuek aja nerangin keadaan di dalem sono. Mana konseeeeeeen, Doooook T_T untung ditemenin Ibu sama Fathur, jadi mereka yang dengerin apa kata dr.Risa.

Katanya panggulnya luas, tapi mulut rahimnya masih tebel dan masih di belakang belum maju ke depan. Posisi janin udah bagus. Terus dr.Risa mulai ngerangsang mules, "nah nanti mulesnya kaya gini". Dok, honestly, mulesnya ga berasa malah berasa perih+sakit di vagina karena diobok-obok T_T

Selesai VT, dokternya nyabut jari dari dalem vagina. Keliatan di tangannya banyak darah. Kata dr.Risa, "jangan kaget nanti kalau keluar darah/flek kaya gini."

Ok. Seharian itu ngeflek ngga berenti-berenti. Cemas ngga cemas sih, tapi kata dokternya kan gapapa. Jadi ditunggu aja sampe besoknya.

Ahad masih jalan pagi sama ibu. Cuma dapet 4km tempo sejam sih, soalnya lapangannya udah mulai rame banyak orang dipake jalan udah tersendat. Pulang ke rumah cek celana dalem ternyata masih ngeflek. Jadi seharian Ahad itu masih ngeflek lah intinya.

Pas tadi pagi (Hari Senin), diliat fleknya berkurang banget, cuma ada beberapa garis aja. Wah udah berenti nih pikir saya. Rencana hari ini emang ada kelas prenatal yoga sih. Diputuskan lah untuk tetep hadir, karena kayanya gapapa kalau yoga. La wong sama dr.Risa aja malah disuruh sering jalan, berarti yoga juga gapapa.

Yoga lah jam 11.

Pas lagi gerakan yang buat ngebuka jalan lahir, kerasa ada yang keluar lagi. Loh loh loh, yang keluar lebih banyak. Buru-buru cek ke kamar mandi. Ya ampun keluar cairan basah banget sama masih ada fleknya juga. Udahlah berenti yoganya ngga ikutan ampe beres. Terus pulang aja ke rumah. Sambil chat ke Teh Okke ngefotoin si celana dalem berflek itu. Teh Okke geuleuh ga ya aku kirimin foto kaya gitu? :p

Di mobil dirasa-rasa ada yang keluar lagi atau engga. Saya sengaja hantem-hantem aja pas ada polisi tidur, sekalian buat ngecek kalau kegoyang-goyang dia keluar lagi ngga. Tapi engga sih.

Sampe di rumah, turun dari mobil. Seeeeeeer kerasa lagi. Buru-buru aja ke kamar mandi. Diliat ternyata cairan bening gitu, tapi dipegang agak licin-licin kaya lendir.

Kata Teh Okke, flek yang tadi bisa jadi karena sisa-sisa VT kemaren. Jadi gapapa. Kesimpulannya, saya disuruh rileks aja, ngga usah panik, jangan stress, tetap beraktifitas seperti biasa. Ditambahin lagi info dr Teh Rista (bidan lain di Bumi Ambu),katanya mungkin emang awal permulaaan persalinan. Gapapa normal, ditunggu kontraksi rutinnya aja.

Ok.

Berusahalah saya biar ga panik kan?! Ehiya hari ini ada Fathur ngga balik ke Jakarta. Soalnya dia lagi sakit, mau flu, pusing-pusing gitu terus mencret-mencret masuk angin juga. Ini gimana lah mau nemenin istri lahiran tapi malah sakit --"

Balik lagi ke kecemasan.

Setelah bocor yang pulang yoga itu, sampe malem ini saya udah ngerasa keluar lagi kira-kira 3 kalian lah. Tapi tanpa dibarengi flek lagi lagi.

Keluarnya tuh setiap pengen pipis aja. Urutannya, pengen pipis, keluar cairan ga ketahan, baru pipis. Selalu begitu. Si cairannya keluar kalau saya pengen pipis.

Galau lah ini cairan apa kan, chat dr.Risa aja jadinya. Katanya kalau bingung, ke bidan lagi aja minta cek lakmus. Tapi masalahnya ini udah jam 10 malem, agak ga enak ya kalau ke bidan malem-malem gini. Besok aja lah.

Tapi karena sayanya masih keliatan khawatir, Fathur inisiatif buat nyari kertas lakmus aja buat cek sendiri gitu. Pergilah kan ya dia ke apotek, yang taunya ga dijual di apotek dong si lakmus èta tèh.

Karunya oge Fathur malem-malem kukurilingan nyari lakmus. Jaba gering, nahan mules pengen pup, terus pusing cenah cekot-cekot kepala. Taunya ga ada juga si lakmusnya. Duuuh semoga diganti pahala yang banyak sama Allah ya, Sayang.

Dan mudah-mudahan besok hasil ke bidannya bagus. Saya gugling kan baca-baca tentang ketuban rembes malah tambah parno duileeeeee :(

Gugling tuh kadang menenangkan tapi kadang mengkhawatirkan juga ya --"

You Might Also Like

4 komentar

  1. aduh ceritanya menegangkan teh Gita mugi sehat2 n lancar nyak teh, eta karunya misua untung teu cipirit nyak teh heheheh demi si cinta dan buah hati rela kukurilingan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tegang sih sebenernya, Teh ��

      Hapus
  2. bacanya kok tegang ya git haha *sambil elus2 peruut*. semangat mamah gitaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahha. Lancar-lancar juga ya, Boot :*

      Hapus