fridayey

Review: Kolam Renang Batununggal

09.37.00

Nulis ini karena tante saya komen kok kolam renangnya mahal banget, hampir sama kaya di Waterboom Panghegar. Ok. Yang saya cermati (bahasa 90an banget 'cermati'), orientasi saya dan tante saya itu beda kayanya sih.

Tante saya hampir setiap minggu nganterin anak-anaknya berenang, jadi yang dicari itu ya kolam renang yang ada perosotannya, ada air banjurnya (apa itu namanya yang air ditampung di ember besar diatas terus ditumpahin ke bawah), pokoknya yang banyak wahana anaknya.

Sementara saya kalau cari kolam renang ya buat olahraga. Pengennya yang kolam olympic atau semi-olympic lah. Kotak aja lurus tapi panjaaaaannng dan luassss biar berenangnya ntaps. Macam di kolam Sabuga gitu.

Waktu saya ceritain harga tiket kolam Batununggal sekian dan kolamnya wess kotak blas ngono wae, ya tante saya kecewa, mahal katanya. Lebih milih Waterboom Panghegar yang harganya sama tapi banyak perosotannya, anak-anak lebih suka, harga segitu juga engga apa-apa. Kebalikannya sama saya, kalau saya ditawarin Waterboom Panghegar dengan harga segitu, (untuk sekarang belum punya anak) ya mending Batununggal. Ntar kalau udah punya anak kayanya setuju lah sama tante saya :))

See, orientasinya beda kan yah?!

Jadi saya mau coba review kolam renang di Batununggal, biar kalau sist-bro disini mau renang engga salah pilih kolam yaa kan. Kapan-kapan saya review juga lah kolam renang lainnya. (((Kapan-kapan)))

Tempat
Di dalam komplek Batununggal Indah paling pojok belakang. Di sebelah gedung yang suka dipake nikahan, Graha Batununggal Indah. Selain kolam, disini juga ada lapang futsal, lapang basket, gor badminton, fitness, sama sauna . Mapsnya saya kasih di paling bawah tulisan.

Tiket
Harga tiket Rp55.000/weekday dan Rp65.000/weekend, dapet gratis air mineral botol 600ml. Agak pricey memang harganya tapi worth it sama fasilitasnya (baca deh sampe bawah). Bisa member bulanan kok. Tapi membernya gabung sama fitness+sauna, 300ribu/bulan bebas dipakai berapa kalipun. Sayangnya saya ngga suka fitness/sauna dan berenang juga seminggu sekali doang, jadi kalau ikutan member malah rugi.

Parkir
Slot parkir mobilnya banyak, parkir motornya juga. Tapi parkiran motor ngga ada canopy-nya, jadi kalau musim hujan, hati-hati helm basah. Bayar parkirnya di pas masuk gerbang, Rp3.000/mobil kalau motor ngga tahu belum pernah.


Toilet
Ada 4 kamar mandi, 2 kamar ganti, dan 1 WC. Dan kesemuanya bersiiiiihhhhhh banget, nilainya 4.5 lah dari skala 5. Katanya bersih tapi nilainya 4.5 :)) karena di dunia ini tidak ada yang sempurna doong. Haha. Ada cerminnya lumayan besar, disamping cermin ada 2 colokan listrik jadi bisa hairdryer-an. Di kamar mandinya udah ada sabun yang kayanya 2 in 1 body wash+shampoo, cuma ada satu macam soalnya. Saya suka pake buat sabunan aja sih wanginya enak, shampoo-nya bawa dari rumah. Showernya ada air panasnya.

Loker
Penting nih kalau berenang sendirian. Ngga mungkin ninggalin barang di pinggir kolam gitu aja kan?! Lokernya gratis ada di dalem toilet, minta kuncinya di loket masuk menuju kolam. Cuma tinggalin KTP doang, inget-inget pas pulang KTPnya diambil lagi.


Kolam
Air kolamnya jernih dan ngga bau kaporit. Kolamnya ada 3 (penamaan kolam terserah saya. Haha). Pertama, kolam anak. Ada perosotan kecilnya lah standar. Kolamnya ngga terlalu besar, bentuknya melingkar, airnya hangat, dalamnya mungkin sedengkul orang dewasa.
Kedua, kolam air hangat. Bukan panas ya ini, hangat. Hangat ke arah panas, bukan hangat ke arah dingin. Bentuknya hampir kotak bujur sangkar dan lumayan besar bisa dipake berenang melebar. Kedalamannya melandai gitu dari 1,00meter-1,50meter. Ada kanopinya.
Ketiga, kolam dalam. Engga dalem-dalem banget sih, 1,25meter-1,80meter. Bentuknya persegi panjang. Lebarnya 5 jalur renang lah. Itu loh yang garis-garis kaya kolam olympic. ngga Airnya dingin tapi ngga terlalu dingin kaya air-air di Bandung. Masih agak hangat sih buat saya yang tiap hari mandi air gunung.

Kebersihan
Toilet: 4.5 of 5.
Kolam: 4 of 5.
Lingkungan: 4 of 5.

Kekurangan
(-)Pengunjungnya kadang ngerokok di kursi-kursi pinggir kolam. Bikin ngga enak nafas kalau berenang. Tolong ditegur ya, Pengurus.
(-)Karena dikelilingi pohon rindang, sering banyak serangga dan daun jatuh ke kolam.




Overall, kolam ini kolam favorit saya sih. Bersih. Kolamnya ngga bau kaporit, ke rambut jadi ngga terlalu kusut. Showernya air panas enak banget, abis olahraga terus mandi air hangat adalah syurga :') Yang bikin ngga kerasa syurga cuma harganya aja. Secara eike cuma berenang setengah jam doang bayar 55ribu.

T_T




You Might Also Like

2 komentar

  1. Dulu saya sering ke daerah Batununggal, tp belum pernah berenang disana, kan panas tuh cocok ya buat berenang heheh tfs ya Teh^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cocok, seger. Kalau udara dingin juga cocok, soalnya ada kolam air hangatnya juga :)

      Hapus