Berani Hijrah

4 Aplikasi Android Dzikir Al-Ma'tsurot

20.42.00

Ada yang rajin baca dzikir Al-Ma'tsurot?


Saya mau coba review aplikasi android dzikir al-ma'tsurot. Karena saya ga punya al-ma'tsurot versi cetak yang padahal pabalatak di toko buku-toko buku ter-hits se-Indonesia, tapi ku tak punya satupun. ๐Ÿ˜ข *gagal jadi akhwat sholehah.

Terus jadi kepikiran ada ngga sih aplikasi untuk androidnya. YA JELAS ADA LAH. Hari gini apa sih yang ngga ada di Playstore? (Jangan jawab jodoh ya!)

Saya review 4 aplikasi aja yah. Soalnya setelah saya instal beberapa, ternyata banyak yang cuma kaya e-book gitu, buku cetak versi digital. Bahkan dari mereka ada yang ratingnya sampe 4.9 padahal cuma kaya e-book bukan aplikasi yang ada fiturnya. Makanya saya pilihin yang menurut saya emang beneran aplikasi bukan cuma e-book.

Saya pilih random aja ya, yang ratingnya diatas 4.5 dan yang banyak didownload.

1. Al-Ma'tsurot Mobile


Developernya Metric Digital. Di download lebih dari 100ribu pengguna dengan rating 4,6. Ada pilihan ma'tsurot Sughro dan Kubro. 


Di bagian bawah halaman setiap doa ada menu risalah dzikir, tulisan latin, terjemahan bahasa indonesia, dan juga catatan yang isinya sanad hadits dan sedikit shiroh nabi. Ada rekaman audio setiap doa yang baru terdownload kalau kita sentuh gambar segitiga di aplikasinya. Tampilannya dibuat berhalaman, jadi harus slide halaman baru untuk masuk ke doa selanjutnya. Besar aplikasinya 12.97 MB, tapi kalau udah download semua audionya sih jadi 43.58 MB (audio yang sughronya aja).

(+) Bacaannya otomatis berubah pas masuk waktu pagi atau petang.
(+) Bisa murottal karena ada audio.
(+) Otomatis berpindah halaman/doa untuk yang mengaktifkan audio.
(+) Audionya bisa di download satu-satu. Ngga sekali pencet terus ke download semua. Lebih hemat memori sih.

(-) Terjemahan dan sanadnya ada di menu terpisah dengan tulisan arab, engga di satu halaman.
(-) Ngga bisa ganti halaman kalau lagi masuk menu terjemah/catatan, harus kembali dulu ke doa baru pindah halaman.
(-) Aplikasinya harus ditutup sampe kita touch tombol 'exit', kalau dipencet tombol home doang, lampu layar handphone bakalan hidup terus ngga mati-mati.

2.Al-Ma'thurot


Developernya Eidetic Limited. Di download lebih dari 10ribu pengguna dengan rating 4,5.



Tulisan arab, tulisan latin, terjemah, dan sumber  doa menyatu tidak terpisah menu. Tampilannya juga enak, scrolling ke bawah. Ngga pindah-pindah halaman.


Ada menu setting yang isinya pengaturan layar, confirm exit, alarm untuk membaca al-ma'tsurot pagi dan petang, serta pengaturan untuk menyembunyikan tulisan arab, terjemah, atau sumber doa. Jadi yang ditampilin bisa arabnya doang misal, atau mau artinya doang. Besar aplikasinya 3.37 MB.


(+) Bacaannya otomatis berubah pas masuk waktu pagi atau petang.
(+) Bisa murottal karena ada audio.
(+) Otomatis berpindah halaman/doa untuk yang mengaktifkan audio.
(+) Tidak dibuat berhalaman-halaman. Doa selanjutnya tinggal scroll ke bawah, bukan buka halaman baru. Lebih simple.


(-) Ngga ada pilihan sughro/kubro, cuma kubro aja.
(-) Ngga ada bahasa indonesianya. Ini saya masukin ke kekurangan karena ya atuh bahasa inggris saya masih cรจmรจn gini, pengen yang ada bahasa indonesianya ๐Ÿ˜‹
(-) Ngga ada shiroh nabinya.

3. m-Mathurat

Nah kalau ini developernya dari Malaysia, FSTM.kuis.edu.my. Di download lebih dari 100ribu pengguna dengan rating 4,6. Bahasa yang dipakai juga melayu. Ada 3 aplikasi yang mirip, ini yang pertama, yang kedua namanya Al-Mathurot bersama Ustaz Don, yang ketiga m-Mathurot tablet. Developer dan logonya sama semua, tapi mungkin peruntukannya aja yang beda-beda. Ustaz Don ini mungkin Ustadz terkenal di Malaysia yah?! Besar aplikasinya 10,11 MB

Terjemahan dan fadhilah ada di satu halaman dengan doa. Tampilan layarnya portrait, tidak seperti yg dua sebelumnya lanscape. Tampilannya berhalaman seperti no.1. Untuk lanjut ke doa selanjutnya harus tekan tanda panah kanan/kiri untuk ke doa sebelumnya.


Di pojok kanan atas ada tulisan 'More' isinya direktori dan info developer. Direktori isinya daftar isi doa, bisa pilih doa mana yang mau dibaca saat ini.

(+) Bacaannya otomatis berubah pas masuk waktu pagi atau petang.
(+) Bisa murottal karena ada audio.
(+) Otomatis berpindah halaman/doa untuk yang mengaktifkan audio. 

(-) Ngga ada pilihan sughro/kubro, cuma sughro aja.
(-) Bahasanya melayu. Agak bingung ya karena ternyata beda bahasa indonesia dengan melayu tuh. Hahaha.
(-) Dibuat per halaman. Jadi kalau mau baca doanya berurutan, harus di slide buat masuk ke doa selanjutnya.

4. Al Mathurat


Aplikasi ini dibuatnya sama anak-anak Jurusan Informatika UIN Bandung loh. Keren kan?! Jadi mari kita review juga, semoga bisa jadi lebih baik lagi aplikasinya. Di sini tertulis developernya adalah LABKOMIF UIN Bandung. Di download lebih dari seribu pengguna dengan rating 4.5. Sayang ngga ada audionya, jadi lebih mirip kaya e-book.


Tampilan awalnya juga langsung daftar isi doanya, bisa di pilih acak ngga harus berurutan. Ada tulisan arabnya, arti, sama fadhilah. Ngga ada tulisan latinnya tapi ngga masalah sih, karena kan pasti pada bisa baca tulisan arab.


Di pojok kanan atas ada tombol search, tapi cuma nyari kata/kalimat yang ada di judul doanya aja. Jadi bukan nyari kata/kalimat yang ada di keseluruhan aplikasi. Besar aplikasinya 2,6 MB.

(+) Warnanya menarik, orange. Font arabnya juga bagus, mirip tulisan yang ada di Al-Qur'an cetak. Jadi betah bacanya.
(+) Ada judul setiap doa. Jadi kita bisa milih pas dalam kondisi apa pengen baca doa apa, tinggal liat daftar isi aja.


(-) Ngga ada pilihan Sughro/Kubro, cuma sughro aja.
(-) Ngga ada audionya. E-book lah ini mah bukan aplikasi.
(-) Dibuat per halaman. Jadi kalau mau baca doanya berurutan, harus di slide buat masuk ke doa selanjutnya.

***

Dari kesemua aplikasi, saya pakai yang mana? NOMOR 1. Karena pakai bahasa Indonesia, Sist! Hahaha. Yang nomor 2 pake bahasa inggris, yang nomor 3 pake bahasa melayu, yang nomor 4 mah itu e-book ngga ada audionya. Jadi no.1 cocok lah buat saya.

Sebenernya kan dzikir al-ma'tsurot ini ngga cuma sebatas Kubro dan Sughro aja, ini cuma sebagian kecil dari 5 bagian besar dzikir yang dibuat sama Hasan Al-Banna. Tapi di aplikasi android kayanya engga ada yang komplit semua kelima bagiannya. Ya baiknya sih beli buku cetaknya aja kalau mau lengkap kesemua bagiannya.

Btw, semua aplikasi diatas gratis ya. Tapi karena gratis, ya mau gak mau pasti ada iklan yang numpang lewat di bar atas/bawahnya. ๐Ÿ˜…

Selamat berdzikir! ๐Ÿ˜˜

You Might Also Like

4 komentar

  1. aku dah donlot yg terjemahan indonesianya..
    Semacam no 1 lah, biasanya suka dengerin audionya kalo subuh2 sambil masak dan beberes xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiii ntaps, Teh. Ntar lama-lama suka apal kalau dengerin terus audionya deh.

      Hapus
  2. Mksh t git reviewnya. Aq butuh bgt nih n bru tau di play store jg ada. Mklum kmarin mah pnyanya hp jadul hihihi. Siap lngsung aq download

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieeee yang hape baru cieeee.....

      Hapus