AkuDanKamuBercerita

Investasi Untuk Masa Depan

23.26.00


Investasi itu apa sih?

Kalau lihat di KBBI, investasi artinya penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sedangkan menurut wikipedia, istilah investasi berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan.

Nah loh pusing kan bahasanya berat :))

Dari keduanya, investasi dimaksudkan untuk menyimpan uang agar mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Tapi kalau buat saya mah investasi ngga perlu sampai untung sih, yang penting nilai harta kita inshaalloh bakal tetap dan ngga akan tergerus sama inflasi ekonomi. Kaya misalnya kita nabung uang 1 juta tahun ini, lima tahun lagi uang yang kita tabung memang tetap bakal 1 juta tapi nilainya ngga akan sama kaya uang 1 juta di 5 tahun yang lalu. 1 juta tahun ini mungkin bisa beli sepeda misalnya, tapi 1 juta untuk 5 tahun lagi pasti sepedanya ngga akan kebeli karena ya harga-harga pasti pada naik ngikutin ekonomi dunia. Kalau investasi misal kita investasi 1 juta tahun ini, 5 tahun yang akan datang 1 juta yang kita investasikan bisa jadi nilainya tetap atau bahkan bertambah. Kebeli deh sepedanya.

Investasi ini berguna ketika kita punya rencana mengeluarkan uang di kemudian tahun. Misal untuk biaya melahirkan, biaya sekolah anak, dana persiapan hari tua, atau cuma buat nyimpen harta aja biar aman ngga kebanting inflasi. 

Kalau saya investasi buat biaya nikah. Hahaha. Waktu saya pacaran sama Fathur, kami bingung gimana cara bayar biaya nikahan yang tiap taunnya naik. Biaya nikahan naik, tapi gaji ngga naik-naik. Harga segala macam kebutuhan mah ngikutin inflasi ekonomi yah, tapi kenapa harga tenaga kerja ngga ngikutin inflasi ekonomi juga? Kan aneh. Hih.

Akhirnya saya sama Fathur berinisiatif buat ikutan reksadana. Kami ikut reksadana kurang lebih sekitar 3 tahun dengan cara dicicil tiap bulan. Pas mau diambil itu dana yang kita invest-in tiap bulan jadi naik nominalnya sekitar 23.7%. Alhamdulillah ngikutin harga kenaikan catering kan jadinya. Yess!

Terus setelah nikah, saya ngelanjutin lagi invest di reksadana buat dana hari tua dan untuk pendidikan anak. Ya emang belum punya anak sih, tapi kan semakin dini kita berinvestasi, beban buat invest tiap bulannya ngga terlalu berat. Jadi saya mulai cicil invest untuk pendidikan anak dari sekarang.

Nah hari minggu kemarin saya ikutan talk show-nya Sunlife di Cafe Halaman PVJ. Tema talk show kali itu tentang investasi untuk liburan. Unik sih menurut saya temanya. Karena kan biasanya talk show atau seminar investasi gitu tentang pendidikan anak atau jaminan hari tua. Ini kok ya aneh tentang investasi untuk liburan. Eh ternyata setelah dengerin talk shownya sampe beres, make sense juga loh dana liburan kita investasiin. Kan investasi tuh manfaatnya untuk mempersiapkan dana di kemudian hari yah, liburan juga kan dananya harus kita persiapkan jauh-jauh hari. Kalau mau liburan tapi dananya ga disiapin jauh hari, ya pasti berat lah ngeluarin duitnya banyak dong.

Saya selama ini memang selalu nge-plan liburan setiap 1 tahun sekali. Dibikin dulu ittinary-nya mau kemana aja, nginep dimana, sampai ke budgetingnya.  Gimana cara ngumpulin budgetnya? Saya mah masih pake cara konvensional kalau buat budget liburan, nabung di celengan. Hahaha. Tapi setelah dengerin talk shownya sunlife ini, wah bener yah dananya investasiin aja. Biasanya kalau nabung di celengan, pas mau liburan,  tetep nombok dari uang gaji di bulan itu. Tapi kalau investasi kan ada margin lebihnya, jadi ngga perlu nombok lagi. Horeee!

Dan kelebihan Sunlife dari perusahaan asuransi (yes. Sunlife juga menyediakan asuransi juga) 
dan investasi lainnya adalah dia punya website yang namanya Bright Advisory. Di website ini kita bisa nanya apaaaaa aja seputar asuransi dan investasi. Sesuai seperti tagline yang mereka usung, "media tempat bertanya seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan".




Sebenernya googling juga bisa sih emang, saya juga dulu waktu memutuskan ikut reksadana cuma modal googling doang. Dari mulai apa itu reksadana, sampe nentuin produk-produknya. Portal Bright Advisory ini juga hampir sama seperti itu, untuk mempermudah kita mencari tahu segala seluk beluk tentang asuransi dan investasi. Tapi enaknya kita ngga perlu googling satu persatu, tinggal ketik alamat website ini, langsung deh tanya sama konsultan-konsultan expert yang emang udah pakar di bidangya. Lebih mempermudah kita dan lebih akurat kan informasinya?!

Kalau saya sih ngerasa enak banget nih ada si portal Bright Advisory ini. Saya bisa curhat kebutuhan asuransi dan investasi saya seperti apa, saya bisa minta dicariin produk dan tipe asuransi dan investasi yang cocoknya gimana. Udah, saya tinggal tunggu jawabannya. Dan kita ngga bakal nunggu lama, paling lama lama lama banget pun katanya 2 hari pasti di jawab. Bahkan dari pengalamannya Kang Raja Lubis, 2 jam udah langsung dijawab! Great!

Baca: Merencanakan #LebihPintar untuk Masa Depan #LebihBaik

Sunlife membuat website Bright Advisory ini memang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa asuransi dan investasi ini penting. Ngga mesti nanya tentang produk-produk Sunlife kok, kalau mau tahu tentang apa itu investasi dan hal-hal umum lainnya juga boleh. Malah hal-hal umum seperti ini dulu yang sebenernya masyarakat perlu cari tahu, agar supaya bisa lebih aware lagi sama asuransi dan investasi.

Kita yang ngga ngerti banget tentang asuransi dan investasi, bisa tanya langsung sama pakarnya disini. Bisa dipilihin juga asuransi dan investasi yang cocok sama kebutuhan kita. Kalau misalnya kita cuma baca-baca doang dari pengalaman orang, sebenernya itu ngga akan terlalu 'ngena'. Karena kan situasi dan kondisi setiap orang beda-beda. Makanya mendingan tanya langsung aja deh sama pakarnya. Setelah kita cocok sama asuransi dan investasi yang ditawarin disini, kita bisa langsung diarahkan ke agennya juga buat ketemu langsung dan deal sama produknya. Ngga punya waktu buat dateng ke kantornya? Tenang aja, agennya bisa datengin kita kok, ngga harus kita yang dateng ke kantornya. Enaknya lagi, di website Bright Advisory juga ada kalkulator keuangannya loh. Jadi kaya semacam simulasi untuk perencanaan keuangan kita. Namanya Bright Calculator. Wuihhhh!

Yaudah ah saya mau cuss tanya-tanya tentang investasinya. Celengan ayam di rumah mau dipensiunkan dulu. Hahaha

You Might Also Like

0 komentar