Aplikasi Online Chat

Tatakrama Online Chat

14.28.00


Adanya aplikasi online chat kaya Whatsapp, Line, Gtalk, dan lain-lain, bikin kita (masyarakat yang hidup di zaman ini) kehilangan tatakrama ketika berbincang dengan orang lain. Ngerasa ngga sih?

Dulu kan kalau lagi ngobrol sama orang kita harus fokus yah?! Bakalan dibilang ngga sopan kalau lagi ngobrol tapi tiba-tiba pergi gitu aja tanpa pamit. Atau misal kita lagi ngobrol tapi ngga fokus sama lawan bicara, kan suka dimarahin. Ngga sopan banget!

Nah dengan adanya Whatsapp, Line, Gtalk, dll ini seolah kita boleh melakukan pelanggaran itu. Kita seperti dikasih kesempatan untuk 'pergi' dari obrolan, untuk ngga fokus sama lawan bicara di ujung handphone sana. Iya kan?! Kalau kamu lagi online chat bisa kan sambil nonton TV? Sambil makan? Dan bisa juga sambil online chat dengan orang lain lagi.

Padahal kalau dianalogikan nih yah. Chatting di aplikasi online chat ya sama seperti kita ngobrol dengan seseorang secara nyata. Harus pake tatakrama juga. Yang terjadi sekarang kan malah sebaliknya yah?! Misalnya kita sedang dalam perbincangan panjang di online chat, temen kita ngga bales-bales chat lagi. Sementara kita terus mantengin handphone nunggu-nunggu jawaban dia. Nah jadi buang-buang waktu kita dong. Padahal bisa aja lawan chat kita disana lagi makan, atau lagi ke air, atau lagi nonton TV, atau malah tidur. Kita ngga tahu kan jadinya?!

Jadi menurut saya harusnya diterapkan juga sih tatakramanya. Kalau sedang dalam perbincangan panjang gitu ya bilang atuh kalau mau pamit kemana dulu, biar lawan chatnya juga ngga nunggu-nunggu balesan.

Atau mungkin aplikasi online chat ini sebenernya menguntungkan ya? Jadi kita bisa tiba-tiba keluar dari obrolan yang ngga mau kita obrolin. Kan lawan chat kita di ujung sana ngga liat ekspresi kita kalau sebenernya kita ngga mau ngobrolin itu, tapi kita juga ngga enak buat bilangnya. Jadi alternatifnya ya kabur dari chat aja gitu ngga usah dibales lagi.

Gitu kali yah?!

Ah entahlah.







You Might Also Like

0 komentar