1436H

Service Besar!!!!

17.00.00

Saya termasuk golongan pemilik kendaraan yang harus dan pasti nurut sama jadwal service berkala. Ini bentuk preventif maintenance sebenernya, karena takut ada apa-apa di jalan. Mending mencegah daripada mengobati kan?! Yang bisa ngoprek-ngoprek mobil dikit sih enak bisa benerin kerusakan yang kecil-kecil. Saya sama sekali buta soal mesin, di rumah juga ngga ada yang ngerti soal mesin. Ngertinya cuma merek panci sama katel, la wong perempuan semua. Pernah kejadian nih dulu, lampu sorot depan mati, saya bawa ke bengkel aja. Setelah selesai saya nanya sama mas bengkelnya diapain tadi lampunya, ternyata cuma dicopot mika si lampu, terus ganti bohlamnya, selesai. Hadeuh!!!

Awal Bulan Mei kemarin saya service mobil. Service kali ini termasuk service besar. Iya. Service kendaraan tuh ada service besar ada service kecil. Bedanya apa? Gak tahu juga sih. HAHAHA. Ya pokoknya kalau diliat dari struknya, di service besar ini banyak banget yang harus diganti. Hampir semua spare part harus diganti di service besar ini, karena umur si spare part itu udah kadaluarsa, jadinya harus diganti.

Terus ada nih yang bilang, "itu sebenernya ngga harus diganti semua loh. Akal-akalan bengkelnya aja biar untung, jadi bilangnya harus diganti". Saya mah husnudzon bengkelnya ngga mungkin ngibul. Soalnya dari pengalaman saya yang udah-udah, untuk beberapa komponen yang sudah waktunya diganti tapi keadaannya masih bagus, nanti si teknisinya bakal nanya dulu sama kita, ini mau diganti engga. Saya sih suka nanya balik sama teknisinya, kalau engga diganti sekarang bakalan bermasalah atau engga. Kalau kata teknisinya ternyata masih bisa dipakai sampai ke bulan jatuh tempo service selanjutnya, kita boleh kok buat minta engga usah diganti dulu. Nah mangkanya kalau service kendaraan mendingan tetap di satu bengkel, terus pakai satu teknisi yang itu-itu aja kalau kita kesitu. Jadi dia tau riwayat mobil kita kaya gimana, walaupun di buku service juga ditulis ya history-nya.

Kenapa sih harus service mobil? Kamu suka ngeluh ngga sih soal kendaraan yang kamu pakai? Nah bisa jadi itu karena jarang dirawat kendaraannya. Saya mah sayang banget sama mobil (mobilnya aja disayang coba), kalau ngga dirawat ya kasian aja gitu. Kan kita pake mobil hampir setiap hari, kita mengeksploitasi mobil, ya udah kewajiban kita dong ngasih timbal balik sama mobil. Caranya, ya dengan service berkala itu. Service berkala ini seolah nge-refresh lagi si mobil biar segeran. Temen saya ada yang punya mobil tapi ngga (mau) service berkala, alhasil mobilnya sering banget ngadat. Kalau udah ngadat gitu, dia suka uring-uringan cerita sama saya. Tapi kalau saya suruh rutin service, dia ngga mau, mahal katanya. Yaelaaa, Bu.

Menurut saya sih, sejatinya kalau kita punya barang ya dirawat. Pengen punya mobil, ya harus mau ngerawat atuh. Ngga mau rawat? Ya bisa sih, naik angkutan umum aja. Ngga perlu mikirin rawat mobil kan?! Tinggal naik, duduk manis, bisa tidur juga, turunnya tinggal  bayar. Beres.

Tapi bukan cuma mobil aja sih yang di service, iman juga harus di service loh. Ceileeee ngomongin iman :)) Eh ini serius!! Iman itu sesuatu yang harus kita milikin kan, tapi ngga bisa kita anggurin. Ini harus di service juga biar tetep seger. Ya sama kaya mobil, ada service kecil, ada service besar. Service kecil iman kaya gimana? Ya solat 5 waktu yang kita lakuin sehari-hari contohnya. Solat itu pembersih, antara solat ke solat selanjutnya adalah pelebur dosa. Tuh, jadi nge-refresh lagi kan?! Terus service besarnya apa? Shaum di Bulan Ramadhan. Jadi, ayo service iman kamu di Bulan Ramadan ini, biar 11 bulan setelahnya iman kamu semakin baik, semakin segarrrrrrrrr, kaya es campur Griya Buah Batu, es campur komplit tambah duren montong.

Gitu.

You Might Also Like

0 komentar