Euphoria Earth Day

17.11.00


 http://techuloid.com/wp-content/uploads/2015/04/18.jpg
 Sumber foto: earth day
Pernah berterima kasih sama Bumi?

Bumi ngasih kita fasilitas yang bikin kita bisa bertahan hidup. Dari hal terkecil aja, mulai dari oksigen di udara yang gratis dikasih sama Bumi. Beras, sayur, buah yang kita makan ditanam diatas bumi. Minum dari mata air-mata air yang terpancar dari dalam Bumi. Yakan? Kita konsumen tetap dari hasil Bumi. Tapi apa kita pernah mikir ngasih timbal balik untuk Bumi?

Kebanyakan sih mungkin ngga sadar yah kalo Bumi dan segala isinya juga makhluk hidup. Kebanyakan pasti acuh tentang ini. Karena Bumi ngga terlihat bergerak dan berbicara, kita menganggap Bumi itu benda mati. Kita ngerasa ngga harus berbuat apa-apa untuk Bumi, ngga harus melakukan sesuatu demi padi, sayur, buah, atau air yang kita konsumsi.

Tapi pernah mikir ngga sih kalo barang-barang yang kita konsumsi itu perlahan semakin langka? Kenapa coba bisa gitu? Ya atuh bayangin kalo milayaran orang di dunia ini konsumen hasil bumi, terus ngga ada yang meregenerasi? Ya lama-lama bakal habis, kita mungkin sekarang ngga bakal ngerasain, tapi anak cucu kita nanti gimana?

Eh kata siapa kita ngga bakal ngerasain. Kita SUDAH sedikit merasakan krisis hasil Bumi.

Beberapa dari kita ada yang punya sumur kan di rumah? Atau yang ngga punya sumur, bayangin deh punya sumur di rumahnya. Berani buat minum dari air sumur langsung tanpa dimasak terlebih dulu? Siapa disini yang ngga pake dispenser, entah di rumah atau di tempat kerja?

See?

Nenek moyang kita dulu pernah ngalamin jaman dimana minum tinggal langsung seruput dari sungai. Sayangnya saya ngga ngalamin jaman itu, tapi saya pernah ngalamin jaman dimana masak air sumur UNTUK DIMINUM dan untuk keperluan masak-memasak. Tapi itu dulu. Sekarang? Boro-boro. Buat mandi aja saya ngga berani pake air sumur langsung kalo ngga pake filter air dulu.

Lihat kan yang terjadi sekarang?! Kita harus BELI air minum mineral untuk minum dan masak sehari-hari atau bayar iuran bulanan PAM untuk keperluan mandi cuci kakus.

 Sedih ngga sih?

Saya lihat fenomena ini bisa terjadi kemungkinan besar karena ulah manusia juga. Banyak diantara kita yang masih ngga aware sama kebersihan sungai ataupun selokan. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa sungai atau selokan adalah tempat pembuangan kotoran. Kaya limbah pabrik dibuangnya kemana? Sungai. Contoh yang ada di sekitar kita deh, banyak masyarakat yang membangun rumah dimana si pembuangan airnya dialirin ke selokan. Hasil cuci piring, keluarnya dimana? Selokan. Kamar mandi, pembuangan airnya kemana? Selokan. Kalau limbah dari WC sih masih mending masuk ke septictank (gini bukan sih nulisnya?). Atau jangan-jangan di rumah kamu ngga punya septictank? Oh my God!

Ini kan yang bikin selokan ataupun sungai di daerah kita jadi kotor. Belum lagi buat yang suka lempar-lempar sampah seenaknya ke selokan. Lebih parah lagi yang sengaja buang sampah di sungai dengan maksud supaya sampahnya terbawa arus gitu. Bersih dari penglihatan dia iyah, tapi kan sampahnya pasti numpuk di suatu tempat!

http://www.etcpb.com/wp-content/uploads/2015/04/Make-everyday-Earth-day-2015-Earth-Day-quotes-and-slogans.png

Sumber foto: earth day
Kita harus berterima kasih SETIAP HARI sama Bumi. Bumi ini rumah kita, pengen kan punya rumah yang bagus, nyaman, tentram, menenangkan. Makanya Buminya dijagain SETIAP HARI.

Caranya yang gampang aja dulu. Tumbuhkan rasa sayang dan ingin menjaga Bumi. Jangan buang sampah sembarangan, meskipun sekecil plastik bungkus sedotan air mineral gelas. Kalo satu plastik bungkus sedotan air mineral gelas yang dibuang emang ngga terlalu merisihkan sih yah, tapi gimana kalau kelakuan kamu yang buang-buang sembarangan itu dicontoh sama orang-orang di sekeliling kamu, temen-temen kamu, orang yang lewat, ada berapa ratus orang yang buang sembarangan? Dan berapa juta sampah yang dihasilkan kalau itu dilakukan terus menerus? Sampah itu emang harus dibuang, tapi bukan berarti ketika kamu punya sampah, terus harus cepet-cepet dibuang dimana aja. Ngga gitu caranya. Kasian dong rumah kita ini jadi kotor kan?!

So, sayang sama Bumi bisa dimulai dari jangan buang sampah sembarangan kok. Simple kan?!

You Might Also Like

0 komentar