backpacker

Bandung - Karimun Jawa - Jogja

12.03.00


Yaa seperti biasa, kalo ada waktu luang walau cuma seminggu, pasti langsung dimanfaatkan buat travelling. Hello! Mahasiswa juga manusia, butuh liburan dan refreshing. Yang mahasiswa pasti setuju.

Dan liburan kali ini, KARIMUN JAWA!!! Horaaaayyyyyyy!!!!!! Sempet hampir ngga jadi sih, yang tadinya personilnya ada 8 orang, turun jadi 4 orang, pas hari H malah cuma 3 orang. Pergi, ngga, pergi, ngga. Mana tiket bis-nya belum dapet lagi. Akhirnya pergi deh ke pool bis Bandung Express, untung tiket yang ke Jepara masih ada. Akhirnya naik lah kita bis Bandung Express jurusan Bandung - Jepara yang berangkat jam 7 malam. Kata si masnya, bisnya bakal sampai di Jepara jam 7 pagi, itu kalo ngga macet. Oh my God, sepanjang malam di perjalanan dag dig dug ser. Gimana ngga, kapal dari Jepara yang nyebrang ke Karimun Jawanya kan berangkat jam setengah 8 T.T

Jeng jeng jeng. Sepanjang malam dan sepanjang perjalanan maceeeettttttttttt. Pasrah deh yaa, sampe di bis nyiapin opsi buat nginep di pinggir Pantai Kartini-nya. Hahaha. Belum selesai nih kerja jantung, ternyata bis-nya mau muter dulu ke kudus, padahal itu udah jam 5 pagi, mana keburuuuuuuuu. Akhirnya sekitar jam 7 kurang kita diturunin di demak, terus disuruh naik semacam elf yang langsung ke pantai kartini. Nunggu lumayan lama, akhirnya dateng juga, walau harus berdiri karena penuh, itu jam sekolah gituuuuu. Pelissssss!!! Ternyata kita diberentiin agak jauh dari dermaga dan harus naik becak, untungnya murah. Si mangnya ngebut, hebat juga saya pikir. Kita kan berat, si mang semangat aja gitu ngayuhnya, padahal cuma dikasih ceban. Ckckckck..... Tapi untungnya si kapalnya belum berangkat, hihihi..

Perjalanan 6 jam di dalam kapal jangan dianggap menyenangkan. Awalnya juga saya kira begitu, asyik kayanya bisa liat laut lepas dari atas kapal, foto-foto. Tapi, setelah 1 jam perjalanan yang dirasakan adalah pusing dan mual, mabuk laut. Entah karena kita yang emang belum terbiasa dengan transportasi laut, atau emang semua orang juga begitu. Teman saya, risan, dia ngga kuat sampai-sampai isi perutnya keluar semua. Hahaha. Jadi, pesan buat yang mau naik kapal fery ke karjaw, minumlah antimo sebelum berangkat insyaalloh manjur loh. Itu berhasil waktu perjalanan pulang, saya dan kedua teman saya melewati perjalanan pulang tanpa pusing, dan tanpa mulai :D

Di kapal itu kita ketemu sama bang apit, admin @karjaw_vacation penyedia travel ke karjaw. Orangnya baiiiiiiiiiiiiik banget. Karena kita luntang lantung di kapal ngga pake agent dan ngga tau mau kemana, akhirnya diajak ikut rombongannya bang apit. Kata bang apit, kita kan sama-sama dari Bandung. Hahahaha. Akhirnya selama disana kita ikut rombongan bang apit, tapi nginepnya di salah satu rumah warga disana, soalnya bang apit udah ngebooking penginapan buat rombongannya itu harga paket. Ya ngga apa-apa, yang penting kita ada temen biar bayar kapalnya ngga terlalu mahal. Hihihi. Kita tinggal di rumah mas saba. Ibunya mas saba, udah kaya ibu sendiri buat bang apit, mangkanya bang apit bisa buka travel agency ke karjaw, karena dulunya bang apit ke karjaw ditampung sama ibunya mas saba. Intinya mereka semua ramah-ramah. 6 Jam kemudian kita tiba di desa karimun.


Tibalah waktunya snorkell. Wuidihhhh pemandangan bawah lautnya mantap, ngga akan rugi buat yang dateng dan snorkell di taman laut karimun jawa. Ikannya banyak banget dan macem-macem. Pesan lagi buat mau ke karjaw, sebelum snorkell bawa makanan buat mancing ikan supaya mendekat. Caranya bisa pake nasi, kue, roti, atau makanan apapun lainnya dimasukin ke dalam botol plastik, nanti pas di dalem air, dikeluarin dikit-dikit. Dijamin, ikan-ikan langsung deketin, kita juga bisa nyuapin ikannya langsung pake tangan sendiri, pegang aja makanannya pake tangan, nanti ikan-ikan berebutan makanin makanannya, dan rasakan sensasinya :D

Siapkan juga adrenalin untuk berenang dengan ikan hiu. Tenang aja, hiu-hiunya jinak, malahan keliatannya mereka yang takut sama kita. Setiap di deketin, pasti kabur. Tapi ati-ati, buat cewe-cewe yang lagi dateng bulan, atau kalian yang ada luka di badannya, jangan coba-coba nyebur, atau kalian jadi sarapan abang-abang hiu ini. Ngga apa-apa sih kalo mau nyoba. Hihihi

Ini pemandangan pantai cantik disana. I swear, airnya emang bening banget kaya di foto ini,

Nah di desa karimun itu sendiri, selain wisata laut, kita juga bisa tracking ke bukit yang ada di desa itu, mai ke arah barat atau ke arah timur, bukitnya sama-sama bagus. Mau nyewa motor buat kesana bisa, mau jalan kaki juga pasti bisa. Tapi yaa harus berkorban lelah, soalnya emang jauh. Saran saya sih sewa motor aja, murah kok, bisa dipake seharian juga. Kalo malemnya mau hang out, disana banyak cafe ajep-ajep juga, tap gatau harga makanan dan minuman disana berapa. Kalo mau yang murah meriah, dateng aja ke alun-alunnya, ngga kalah rame kok, apalagi kalo weekend.

3 hari 2 malam disana emang ngga cukup. Sayangnya jadwal kapal Jepara-Karimun Jawa emang ngga setiap hari, selalu bergantian. Jadwalnya bisa diliat di situs http://karimunjawa.net/service/jadwal-penyeberangan.html

Selanjutnya saya dan teman-teman menginap di Semarang 1 malam, di kostan teman yang sedang Kerja Praktek di kota itu, dan paginya langsung ke Jogja. Di jogja ini cuma numpang bentar doang di rumah tantenya teman, ada sedikit keperluan kampus di kota pelajar ini. Lagi-lagi masih menyisipkan kepentingan kampus. Yasudah lah, namanya juga mahasiswa.

Berikut ini saya kasih daftar pengeluaran saya selama liburan dari tanggal 24 Juli - 31 Juli. Beberapa budget ada yang patungan 3 orang, saya dan kedua teman saya
1. Tiket bis Bandung Express jurusan Bandung-Jepara                   Rp. 80.000
2. Jajan Teh Manis di rest area Sumedang                                      Rp.   2.000
3. Elf dari Demak ke Jepara (Gara-gara diturunin di tengah jalan)   Rp.   5.000
4. Becak ke dermaga                                                                    Rp.   7.000 (10.000/becak)
5. Tiket kapal KMP Muria Jepara-Karimun Jawa                          Rp. 30.000
6. Jajan Pop Mie di dalem kapal                                                    Rp.   5.000
7. Makan kelapa muda di alun-alun Karimun                                  Rp. 10.000
8. Jajan tela-tela mas jambrong                                                      Rp.   3.500
9. Teh manis di warung karimun                                                      Rp.   3.000
10. Gorengan                                                                                 Rp.   1.000
11. Tour laut (sewa kapal) 2 hari                                                     Rp. 120.000 (60.000/hari)
12. Sewa alat snorkell                                                                    Rp. 60.000 (30.000/hari)
13. Makan selama 3 hari (Sarapan 3x10.000 + makan siang di
      laut 2x30.000, welcome food di rumah mas saba 15.000)         Rp. 105.000
14. Kelapa muda ibunya mas saba                                                 Rp.    5.000
15. Sewa motor ke bukit                                                                Rp. 25.000
16. Tiket kapal KMP Muria Karimun Jawa-Jepara                         Rp. 30.500
17.  Teh manis di dermaga jepara                                                    Rp.   2.000
18. Bayar WC di dermaga karimun jawa                                        Rp.   1.000
19. Nasi kucing + es jeruk                                                              Rp. 5.000
      buat yang mau langsung pulang ke bandung, tinggal
      ditambah tiket bis Bandung Express                                    Rp. 80.000


Total                                                                                            Rp. 580.000


Saran saya sih kalo yang berangkat dari bandung, lebih enak naik Nusantara, harganya 85.000 dan lebih nyaman bisnya, pelayanannya juga ngga kalah OK, bahkan dapet makan malem. Selamat bertravelling ria yaa :)

Pesan: Jangan buang sampah sembarangan, dan cintai Indonesia. I LOVE INDONESIA

You Might Also Like

0 komentar